Sabtu, 24 Maret 2018

Rpp Kelas 1 SD Semester 1 Tema Diriku Subtema Aku dan Teman Baru

Rpp Kelas 1 SD Semester 1 Tema Diriku Subtema Aku dan Teman Baru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN  PENDIDIKAN : SDN  ...........................................
KELAS / SEMESTER : 1 / 1
TEMA / SUB TEMA : 1. Diriku / 1.Aku Dan Teman Baru
Pembelajaran          : 1
ALOKASI WAKTU :  5 X 35 Menit
Hari /tanggal         : .......................................................

A. Kompetensi Inti

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam       berinteraksi dengan anggota keluarga, teman, dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptahan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah..
  4. Menyajikan  pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B. Kompetensi dasar Dan Indikator

Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat 
tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah. 
4.9 Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-
orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan 

Indikator: 
3.9.1 Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat 
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat

SBDP
Kompetensi Dasar: 
3.2 Memahami elemen musik melalui lagu 
Indikator: 
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia

PPKN
Kompetensi Dasar: 
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah 
Indikator:
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah 
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

Tujuan Pembelajaran
Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan dengan percaya diri
Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat membedakan warna suara teman dengantepat
Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar. 
Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebutkan semua nama teman dan warna suara masing-masing teman dengan benar
Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi salam pada orang tua saat ke luar rumah dengan percayadiri

C. Materi Pelajaran
Nama diri Dan Nama Panggilan
Nama teman
Membedakan suara teman
Aturan di rumah
Memeragakan salah satu aturan di rumah

D. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik, kolaboratif
Metode   : Tanya jawab, Demonstrasi, Kerja kelompok, Diskusi,Peragaan

E.Media/Alat Bantu dan Sumber Belajar 
Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola. 
Alat musik (jika ada) untuk mengiringi siswa bernyanyi. 
Buku siswa. 

0 komentar:

Posting Komentar