Rabu, 07 Maret 2018

Cara Mudah Mengajarkan Pengurangan Anak TK dan SD

Cara mudah mengajarkan anak TK dan SD pengurangan



Biasanya anak TK atau kelas satu SD merasa kesulitan untuk melakukan perhitungan pengurangan. Anak-anak lebih terlihat mudah melakukan perhitunagan penjumlahan 4+3 dibanding dengan menghitung pengurangan, misalnya 7-4.

Dan biasanya untuk menghitung penjumlahan 4+3, anak TK/SD diajarkan teknik “simpan 4 di kepala dan siapkan 3 jari” Setelah angka 4 adalah lima, terus enam, terus tujuh (dilakukan sambil menghitung 3 jari) maka hasilnya adalah 7.

Nah teknik tersebut sebenarnya menggunakan perhitungan maju 1, 2, 3 4, 5, ..,,dst. Anak dibiasakan terlebih dahulu harus sudah bisa mengurutkan angka dari yang terkecil ke yang terbesar.

Serupa dengan metoda melakukan perhitungan di atas, berikut ini akan saya beritahukan trik/langkah-langkah/teknik atau cara agar aanak anda lebih mudah melakukannya.

Langkah Pertama: 
Ajarkan anak menghitung mundur. Ajarkan, latih, dan biasakan! Bisa mulai dari angka 5, 4, 3, 2, 1. Terus jika sudah tahu dan terbiasa, sekarang mulai dari 6, 5, 4, 3, 2, 1. Nah, terus ditingkatkan, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1. Terus lagi hingga bisa dari 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1.

Langkah kedua:
Nah, sekarang coba lakukan perhitungan perhitungan dengan pola yang sama dengan penjumlahan, tapi nanti dalam mengurutkan angkanya dilakukan mundur. Misalnya 7-4, “ 7 di kepala, 4 di jari. Setelah angka tujuh adalah 6, terus 5, terus 4, terus 3 (lakukan sambil menutup jari-jemari satu persatu)  maka hasilnya 3”.

Coba sekarang bandingkan dengan perhitungan 7-4
• Opsi pertama: “4 ditambah berapa yang bisa menghasilkan 7, anak-anak?”
• Opsi kedua: “Setelah 7 (di kepala), yaitu 6, terus 5, terus 4, terus 3. Maka hasilnya 3”.

“Lebih terasa mudah dan tidak menjelimet mana, ibu-ibu?”



       Cara pengajaran operasi pengurangan dibagi menjadi tiga tahap, yaitu  tahap pengurangan tradisional, tahap pengurangan mental. Yang nantinya akan dibahas secara terinci satu demi satu.




1.. Tahap Pengurangan Tradisional
         
a. Cara Mengajarkan Pengurangan Satuan (sebagai contoh 4 - 2)
            Pada level ini merupakan masa transisi, dari bentuk pengajaran verbal pada tahap pengenalan ke bentuk pengajaran tertulis. Jadi pada waktu membantu mengajarkannya tetap perlu diilustrasikan prosesnya dengan menggunakan jari tangan kita.
Prosesnya sebagai berikut: 4 (‘EMPAT’ dengan empat jari tangan diacungkan) + (‘dikurangi’) 2 (‘DUA’ dengan mengurangkan satu persatu jari dari satu s.d dua) = (‘sama dengan’) (dua jari tangan diacungkan) yang kemudian dituliskan sebagai 2 (‘DUA’)
Cara ini diulang-ulang untuk berbagai variasi soal yang ada. Fokuskan pengulangannya untuk bilangan 10, misalnya 10-1=9, 10-2=8 dan seterusnya (dalam metode sempoa ini disebut bilangan saling komplementer).

b. Cara Mengajarkan Pengurangan Belasan ( sebagai contoh 12 - 7)
    Pada tahap ini sudah muncul konsep abstrak tentang asosiasi posisi ‘puluhan’, ilustrasinya dapat dengan menuliskan Angka 1 (satu) pada kertas untuk menggambarkan kesepuluh jari kita yang teracung.
Prosesnya sebagai berikut: 12 (‘DUA BELAS’ dengan membilang sepuluh jari pertama sampai diacungkan semua, kemudian kita tuliskan angka 1 (satu) di kertas dan setelah itu proses membilang dilanjutkan sampai dua jari tangan diacungkan) + (‘dikurangi’) 7 (‘TUJUH’ dengan satu persatu jari dari satu s.d tujuh dikurangkan. Pada pengurangan ke dua, kesepuluh jari telah turun maka kita mencoret Angka 1 ‘SATU’ pada kertas, dan kemudian melanjutkan mengacungkan ke sepuluh jari kita lagi. Selanjutnya dilanjutkan pengurangannya sampai dengan tujuh) = (‘sama dengan’) (lima jari tangan diacungkan) yang kemudian dituliskan hasilnya sebagai 5 (‘LIMA’)
Cara ini kemudian diulang-ulang untuk berbagai variasi soal yang ada

c. Cara Mengajarkan Pengurangan Puluhan ( sebagai contoh 53 - 21)
Letakkan satu bilangan (53) di atas bilangan yang lainnya (21) sedemikian sehingga baik puluhan maupun satuannya berada dalam satu garis lurus. Dan tarik garis horisontal dibawah bilangan kedua.
53
21 _
Kurangkan kedua digit satuannya. (3 – 1 =2). Letakkan hasilnya (2) pada bawah garis horisontal dengan letak yang sesuai.
53
21 _
  2
Kurangkan kedua digit puluhannya (5 - 2 = 3). Letakkan hasilnya (3) pada bawah garis horisontal dengan letak yang sesuai
53
21 _
32
Cara ini kemudian diulang-ulang untuk berbagai variasi soal yang ada

d. Cara Mengajarkan Pengurangan Puluhan ( sebagai contoh 53 - 26) dengan ‘carry digit’
     Letakkan satu bilangan (53) di atas bilangan yang lainnya (26) sedemikian sehingga baik puluhan maupun satuannya berada dalam satu garis lurus. Dan tarik garis horisontal dibawah bilangan kedua.
53
26 _
Kurangkan kedua digit satuannya. (3 - 6). Di sini bilangan pengurang (6) lebih besar dari bilangan yang dikurangi (3), maka kurangi Satu dari digit puluhan dan tambahkan Sepuluh pada digit satuan sebelum melakukan operasi pengurangan sehingga (13– 6 = 7).  Letakkan hasilnya (7) pada bawah garis horisontal dengan letak yang sesuai.
-1
 53
 26 _
   7
Kurangkan kedua digit puluhannya beserta pengurangan Angka Satu sebelumnya
(5 - 2 -1 = 2) Letakkan hasilnya (2) pada bawah garis horisontal dengan letak yang sesuai
-1
 53
 26 _
 27
Cara ini kemudian diulang-ulang untuk berbagai variasi soal yang ada. Kemudian kita masuk ke dalam digit bilangan yang lebih tinggi misalnya ratusan, ribuan dan seterusnya.




Lokasi: Palembang, Palembang City, South Sumatra, Indonesia

4 komentar: